CARA MENGHILANGKAN MENU RESUME (F1) PADA SAAT BOOTING SEBELUM MASUK WINDOWS

Cara menghilangkan menu resume (F1) pada saat booting sebelum masuk windows, dimaksudkan pada kasus yang mungkin pernah anda alami/lihat pada PC/Laptop saat pertama kali menghidupkan dengan menekan tombol power, pada monitor lansung ditampilkan dimana kita diminta/diperintahkan untuk menekan "F1" agar dapat melanjutkan booting ke Operating System Komputer kita. Hal ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman
Untuk itu disini admin berikan sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama yang perlu diperhatikan adalah pada sebagian komputer dan bahkan banyak yang pernah saya alami, pada tampilan dimonitor terdapat pesan “error” pada floppy A:/ jika keadaan seperti ini yang anda jumpai berarti bisa dipastikan cara ini bisa berhasil. Adapun caranya sebagai berikut :
  1. Masuk ke Bios, dengan cara menekan tombol “Del” atau "F2", tombol ini bisa berbeda tergantung dari masing-masing tipe/merk mobo yang anda gunakan, intinya anda harus bisa masuk ke Bios.
  2. kemudian pilih tab/menu “Standard CMOS Features” atau dengan nama lain tergantung merk Bios anda, biasanya menu ini terdapat pada Tab Pertama.
  3. perhatikan tulisan “Drive A [1.44M, 3.5”]
  4. jika sudah ketemu arahkan kursor anda dengan menggunakan anak panah pada keybord di tulisan [1.44M, 3.5”] lalu tekan Enter dan pilih “None” dengan menggunakan anak panah pada keyboard kemudian tekan Enter sekali lagi
  5. setelah berubah menjadi “Drive A [None], lalu tekan F10 pada keyboard untuk menyimpan settingan yang telah dilakukan lalu tekan “Y” untuk konfirmasi Ya, kemudian tekan Enter, komputer akan booting ulang dan langsung booting ke OS yang anda miliki.

    Pada beberapa tipe yang tidak terdapat pesan “error” pada floppy A:/ biasanya juga dapat diselesaikan dengan cara diatas.
    Keadaan seperti ini juga dapat disebabkan oleh CMOS/Baterai yang menempel pada motherboard, terkadang sudah tidak optimal lagi, di google banyak dijumpai solusinya dengan mengganti CMOS tersebut, tapi menurut pengalaman saya itu tidak menjamin jika hanya diganti, karena setelah CMOS tersebut diganti dengan yang baru juga masih belum sepenuhnya menyelesaikan masalah.

    Jika dengan mengganti CMOS juga telah anda lakukan namun belum merubah keadaan, maka alternatif lain yang dapat saya berikan adalah dengan mengupdate Bios menggunakan firmware versi diatasnya minimal dengan versi yang sama. Namun sebelum melakukan hal ini sebaiknya dipertimbangkan dulu akan resikonya yang sangat fatal karena dapat membuat mobo anda mati total.

    Sebelum melakukan update bios juga harus memperhatikan karakteristik kerusakan komputer anda, karena kita harus melakukan update bios dalam keadaan kita benar-benar yakin kerusakan tersebut ada hubunganya dengan system bios. 

24 comments

Kepada "IRFAN"
Mohon Maaf komentarnya tidak sengaja terhapus, karena terlalu sering mengedit/mengadakan perubahan pada blog ini.

jawaban mengenai komentar anda :

sepengetahuan saya merek bios yang ada pada saat ini adalah AWARD dan AMI (American Megatrends Incorporated)/PHONIX. mungkin ASUS yang dimaksud adalah merk Motherboard.
Mohon maaf pada artikel saya ini dicontohkan dengan bios AWARD. apa pun merk bios anda, letak setingan Drive A [1.44, 3.5"] meyatu menu dengan setingan jam. Untuk merk Award pilih Standard CMOS Features / Main) dan untuk AMI coba anda pilih System Information atau Advance Bios Features, karena untuk AMI saya juga lupa letaknya, maka cari disitu ada [1.44, 3.5"] dan ubah menjadi “None” untuk sedikit membantu, anda dapat melihat gambarnya disini
AMI ---> http://i33.tinypic.com/2s8k9j5.jpg
AWARD ---> http://i34.tinypic.com/1iyl1d.jpg

Mohon koreksi bila salah…………!!!!

makasi maz...ataz infonya.......baru tau mz.

Makasih banyak nih sharing'y...sering bgt menemukan masalah seperti ini...

okeh brader trimakasih atas infonya, embantu bangts,,,,,,,,, salam balik ya?..

from: http://giga-prodaction.blogspot.com/

Kayanya mau belajar sih,tapi kalau dari awal bahasanya juga tak paham kata2nya,sepertinya kok yah jadi munyeng. Karena laptop adik saya merk hp kok kalau di nyalakan selalu keluar tulisan 'resuming windows',dan sepertinya semua tombol jadi mati tak fungsi sih,apa ini bisa di oprek jadi yah?

coba dulu ya gan.... setelah tombol power ditekan langsung tekan esc berulang-ulang, setelah ada reaksi baru dihentikan nekan esc'y. biasanya setelah itu tombol akan berfungsi.

mas mau tanya,
saya pakai bios ami, trus PC saya dalam keadaan normal, kemudian saya hibernet saya tinggal sebentar,kemudian saya nyalakan lagi saya tekan tombol del untuk pergi keresume kok tidak bisa...semua tombol q tekan tidak ada yg bisa kenapa ya mas..akhirnya diam pada tampilan awal. tdk bisa diapaapakan...
mohon bantuanya ya mas

siiippp,,,thx

misi gan. maaf kalau salah kamar, ni saya mau tanya, maslah yang saya temukan di Komputer saya, setelah menseting bios kemudian men save dan kembali masuk ke windows, anehnya Pc saya tidak bisa menampilkan apa2 di monitor, kalau ada yang mau bantu dan berbagi sedikit ilmu, bagi ya, hehehe, mohon pencerahannya terima aksih

masuk lagi ke bios gan...., cari Load Optimal Defaults, lalu save dan keluar

makasih gan atas infonya jadi g uasah tekan f1 lagi ....hehe....

Bro, kalo untuk win 7 gimana caranya? Ane udah ganti baterai CMOS-nya tapi tetap harus tekan F1. Untuk Drive A dicari-cari gak nemu tuh di Win 7 sih ... Ada juga Floppy DIsk

thank's info nya om .. ^_^

maaf gan, saya mau tanya kalau kita tekan tombol power lalu masuk ke starting windows tanpa membaca bios gmana ya,

Tks banyak menambah pengetahuan

This comment has been removed by a blog administrator.

Terima kasih...
Sangat bermanfat...