DISABLE APLIKASI YANG BUKAN TERSIMPAN DI DRIVE C:\



Saya rasa semua pemilik komputer tidak senang jika komputernya dioperasikan orang lain yang penggunaannya tidak kita sukai. Misalnya tetangga minjam komputer kita hanya untuk bermain game, walaupun game dikomputer kita sudah di uninstal semua, namun berbagai cara dapat dilakukannya untuk mencapai tujuan, misalnya game itu disimpan di dalam CD/DVD dan flashdisk atau sejenisnya.

Seperti cara mendisable file *.exe yang telah saya posting beberapa bulan yang lalu juga merupakan salah satu trik untuk mengatasi masalah di atas, Cuma kekurangannya semua *.exe yang tersimpan dikomputer maupun dari luar tidak dapat di dijalankan sehingga memperlambat pekerjaan kita karena harus mengenable terlebih dahulu file exe tersebut agar semua isi dalam windows kita dapat difungsikan.

Melalui trik ini saya rasa cukup efisien untuk mendisable aplikasi karena tidak mengganggu pekerjaan kita, semua software/aplikasi yang disimpan/instal di drive C: dapat kita akses.

Langsung saja kita terapkan trik tersebut. Disini saya tidak mengizinkan segala jenis aplikasi (*.exe *.com *.pif) untuk bekerja di drive E:\ (misalnya flashdisk).

Caranya sebagai berikut :
  1. Pilih Start - Control Panel

  2. Pilih Administrative Tools - Local Security Setting

  3. Klik Kanan di Software Restriction Polices, lalu pilih Create New Policies

  4. Kemudian klik kanan di Additional Rule, dan pilih New Path Rule

  5. Di kolom Path, masukan drive dimana aplikasi di dalamnya tidak dapat dieksekusi. Misalnya flashdisk, jika flashdisk ada di drive E maka ketikan E:\  (lakukan langkah yang sama seperti point 4 untuk menambahkan drive lain, misalnya D, F, G, dsb, atau drive CD/DVD anda)

  6. Di Security Level pilih Disallowed

  7. Pilih OK dan Restart Komputer anda.

  8. Untuk mencegah aplikasi (*.exe *.com *.pif) di copy user ke drive C:\ saya sarankan anda untuk menghiden drive C:\ tersebut melalui cara seperti disini

    Dengan langkah-langkah yang telah anda lakukan diatas, dan drive yang anda isikan pada New Path Rule adalah drive dimana Flashdisk dan CD/DVD berada, maka anda juga telah melakukan pencegahan virus atau sejenisnya untuk masuk ke komputer anda dengan sedikit tambahan yaitu mendisable ”autorun.inf” yang telah banyak dijelaskan disitus-situs melalui internet, silahkan perintahkan google anda untuk mencari.