CARA MENGEMBALIKAN PROMPT/PARTISI C: YANG BERUBAH MENJADI D: PADA OS WINDOWS


Perasaan yang tidak puas di alami saat prompt/huruf partisi hardisk pada komputer kita berubah. Kasus seperti ini sering saya jumpai dan saya tangani. dari kasus itu solusi yang saya ketahui hanya dengan backup data dan format all lalu hardisk tersebut dibagi lagi seperti semula, saya selalu berpikir bagaimana jika hardisk tersebut volumenya besar dan menampung data²/files dengan ukuran yang besar, wah… ribet, bagaimana mau backupnya ya….? walaupun selama ini masih belum dijumpai jumlah data/files yang seperti itu. Namun admin terus berusaha untuk belajar dan mencari tahu cara yang lebih efektif dalam menangani hal seperti ini.
Karena kasus ini akhirnya juga terjadi pada PC saya, dengan memutuskan untuk mengambil resiko akan kehilangan data yang sangat penting yang mungkin tidak seluruhnya dapat terbackup, saya nekat dan berhasil menyelesaikan kasusnya tanpa harus memformat semua drive dan menginstal ulang windows, walaupun memakan waktu yang cukup membosankan. Dengan pengalaman ini saya ingin berbagi cara yang saya lakukan mudah-mudahan dapat bermanfaat.


Hardisk di PC saya sebesar 320 GB dan saya bagi menjadi 2 (dua) yaitu SYSTEM (C:) dan DATA (D:), dimana semua data² penting saya simpan di drive DATA (D:) dengan volume 300 GB (used : 226 GB, free : ± 74 GB) dan selebihnya untuk kepentingan OS Windows dan perangkat lunak lainnya dalam drive SYSTEM (C:).

Sebelum kita lanjutkan ke tahap pengerjaan, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab hal ini bisa terjadi. dengan mencari diberbagai sumber akhirnya saya menemukan penyebab yang dapat saya terima alasannya yaitu : "Huruf pada hardisk berubah karena pada hardisk yang dibagi semua dipartisi dengan Primary Partition sehingga disaat kerusakan file system maupun bad sector pada drive booting utama (C:) tidak utuh, maka akan di alihkan/booting pada drive yang juga formatnya Primary Partition, sehingga prompt D: berubah menjadi C:"

Karena penyebanya adalah masalah format partisi, maka tool yang digunakan juga yang berkaitan dengan partisi hardisk. Disin percobaan saya menggunakan PM (Partition Magic) versi 8.0
  1. Pastikan windows anda masih bisa booting dan masih menerima software yang akan diinstalkan. Jika tidak bisa booting ke windows segera instal ulang, meskipun harus diformat asalkan windows-nya dapat difungsikan.
  2. Instalkan PM, setelah selesai lalu jalankan
  3. Pada Disk 1, klik kanan partisi anda yang berisi data, saya contohkan pada kasus saya klik “DATA (C:)” lalu pilih Convert, muncul kotak dialog Convert Partition pilih Logical Partition lalu klik OK. Lakukan hal yang sama pada SYSTEM (D:) namun convert partisinya dipilih Primary Partition. sekarang booting utama OS anda telah diset aktif pada SYSTEM (D:) sekarang tinggal anda merubah prompt/hurufnya agar menjadi SYSTEM (C:) dan DATA (D:).

    N/B : Primary Partition harus dipilih untuk drive yang berisikan OS (Windows) dan yang lainnya Logical Primary 
  4. Masih di dalam area kerja PM, klik kanan DATA (C:) arahkan mouse kebawah menuju Advance, pilih Change Drive Letter, pada New Drive Letter pilih huruf/prompt selain C: dan D: lalu klik OK.
  5. Kemudian klik kanan SYSTEM (D:) arahkan mouse kebawah menuju Advance, pilih Change Drive Letter, pada New Drive Letter pilih huruf/prompt C: lalu klik OK dan Restart Komputer Anda.
  6. Tunggu hingga selesai proses Convert Partition dan Moving Partition yang sedang bekerja, lama waktu anda menunggu tergantung pada volume hardisk dan size data/file anda. Pengalaman saya dengan volume hardisk 320 GB yang terisi ± 75% harus menunggu ± 3 jam.
  7. Setelah proses pada point 6 (enam) selesai, mungkin komputer anda tidak bisa booting ke windows, lakukan repair atau instalasi ulang windows anda. Setelah selesai, lihat prompt/huruf pada partisi hardisk anda sudah kembali seperti semula. Jika belum, ubah melalui Control Panel, klik ganda Administrative Tools, klik ganda Computer Management, klik Disk Management, lalu klik kanan disk anda pilih Change Drive Letter and Paths…, pilih Change, lalu silahkan ubah prompt/huruf drive dimaksud sesuai tujuan anda.

41 comments

Gan aku punya masalah dengan installan win xp, gini aku nginstall win xp tapi gara-gara sebelumnya di instal win 7 jadi partisinya rubah drive C: jadi E:, nah skarang udh di install xp dan data jd di C: dan systemya jd di D: jadi aku pengen ngerubah menjadi systemnya yg di D: menjadi di C: gimana caranya.....? tp jangan sampe data-datanya ilang. . .

dah dicoba trik di atas belum.....?
sepertinya kasus anda sama seperti yang saya alami, dan trik di atas itu solusinya, data-data saya semuanya aman.
jika trik di atas telah dicoba masih belum berhasil, di blog ini terbuka kepada siapa saja untuk membantu memberikan solusi. semoga visitor lain dapat membantu.

kalo file yang ga bisa di edit gimana ya???
misalnya dalam windows>>system32>>driver>>etc>>host
nah yang di dalam host tsbt di buka dalam bentuk notepad isinya tidak bisa di hapus atau di edit....
kasih tau doung caranya gimana???
thx ya sebelumnya....

apa ada pesan yang muncul setelah pengeditan file dimaksud...? soalnya di komputer saya file yang anda contohkan yaitu pada direktori windows>>system32>>driver>>etc>>host bisa di edit dan disimpan. sedikit trik smoga bisa membantu jika dikomputer anda mengalami hal yang tidak sama pada komputer saya. file tersebut silahkan anda copy dulu ke drive D: atau selain C: baru lakukan edit, kemudian kopikan lagi ke direktori asalnya dan konfirmasi yes untuk mereplace. sebelumnya maaf ilmu komputer saya juga masih sangat² minim, silahkan dikoreksi jika salah.

itu karena security di file host nya hanya read ja cranya klik kanan file or folder tersebut pilih properties pilih security klik edit klik users (xxx) lalu kilik full control lalu ok

Terima kasih banyak sudah mau mampir dan sharingnya....
:-*

jadi data yg ada dalam patisi Data (C:) gak hilang kan....?
makasih infonya gan....
nice share...

yupz..., pengalaman saya si begitu bro......
;)

Gan!!!
boleh nga' jalankan partition magicx portable, lewat hirens boot cd? rep please!!!

maksudnya gimana gan...? apa PM Portablenya disimpan harddisk dan mau dijalanin melalui DOS yang ada pada Hiren's...?
PM juga sudah tersedia pada Hiren versi tinggi gan.... atau update sendiri Hirennya dan tambahkan beberapa software portable yg diinginkan, untuk caranya googling aja..... dan sebagai referensi dari kaskus mungkin dpt membantu. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6309923

makaish infonya..
bener2 bermanfaat

gan aku pakek norton partition magic masih belum bisa ta gan?

Gan kalo convert data D logical volume tpi type nya fat32 nanti gmn ya masbrooo tolong pencerahannya saya pusing nh.. Masalahnya tadi tombol primary dan logicnya gk bisa di pencet cuma ada pilihan fat32 ....sekali lagi mohon pencerahannya ya
*** call me or sms please ke 083824356991

Ko saya jadi local disk c dan d nya tidak ada
gk bisa booting
muncul BOOTMGR is missing
press ctrl+alt+del to restar
please butuh pertolongan nya

repair bootmanager dl pkai cd instaler windows gan....
dh byk yg bahas mslh ini silahkan cr d google, singkatnya begini :
1. boot menggunakan cd windows
2. pilih "R" repair (repair yg pertama, krn biasanya saat instal window ad 2 repair yg muncul)
3. Setelah Recovery Console nya muncul, tekan angka 1 lalu enter
4. Setelah muncul mode Command Prompt, ketik fixmbr lalu Enter, stelah itu ketik lagi fixboot dan tekan enter. lalu keluarkan cd'y dan restart kmpter'y. biasanya melalui cara ini sdh bs msk windows.

untuk lebih detailnya dan biar g' ribe nyari silahkan download aj disini : http://repairbootmgr.googlecode.com/files/repair%20booting%20windows.rar

Numpang mampir,pc saya baru saja instal ulang window xp ,tapi kenapa sistem C,D kok jadi kecil isinya cuma 40mb...???tolong di bantu ..

itu dilihat dari propertiesnya kah....?
cb dilihat dari disk managementnya, caranya :
klik run, ketik DISKMGMT.MSC

Ya dilht dr properties y....
Makasih atas infonya.

Tapi sekarang cuma sistem C nya aja yg ada 100gb lebih...??
Sistem D,E ga ada,,,jadi mumet nih...(knp ilang D ,E nya)..apa HRS diinstal ulang lg..'''??

Terus sekarang mw diinstal window 7 lg seperti awal beli pc tapi selalu gagal melulu....Mumeeeeetttt....!!!

spertinya partisinya sudah bermasalah tu gan...., jk mau aman repair partisi tanpa instal ulang tp agk ribet, klo mau yg ringkas format aj smua lalu instal ulang tp data²y akn hilang.

mengenai drive D dan E yg hilang apakah sdh agan liat melalui DISKMGMT.MSC disitu kita bisa lakukan pertolongan pertama pada hardisk.
jika ada drive yg kosong berilah nama terserah agan D atau E lalu restart, jika drive yg hilang td sdh muncul jangan dibuka dulu tp lakukan check disk dg cara buka run ketik CMD setelah muncul command prompt ketik CHKDSK /R D: lalu konfirmasi Y untuk yes tunggu sampai selesai lakukan langkah yg sm untuk drive E, terakhir lakukan langkah yg sama juga pd drive C lalu konfirmasi yes untuk restart. kemudian keluarkan semua program yg terbuka dan restart kmputernya, stelah slesai loading segeralah backup data² penting agan.

sebagai ganti DISKMGMT.MSC sebaiknya agan instalkan Partition Magic krn pilihannya lebih lengkap dan jelas dibandingkan dg DISKMGMT.MSC

mengenai gagal instalasi windows 7, cb jlskan lbh detail lagi gmn gagalnya.

sementara begitu aj dulu, jk msh butuh konsultasi kita lanjutkan lg, tp hrp maklum aj krn ksibukan lain mgkin responya agak telat.

klo mau yg lbh lengkap lagi utk backup, repair dan maintenance gunakan aja CD BOOT HIREN'S disitu juga ad windows xp mini lbh mudah kita melihat hardisk krn loading windows'y dr CD bukan dari harddisk.dan msh byk fitur lain dalam CD BOOT HIREN'S yg sangat bayak gunanya.

karena kalau cd boot hiren's selain filenya gede kita jg harus burningnya dl k cd agar dpt digunakan, maka biar lebih ringkas lagi sebaiknya agan download dan instalkan "EaseUS Partition Recovery" yg jg bisa dijadikan alternatif untuk repair partisi agan. Tool ini dapat mencari partisi yang hilang dan mengembalikannya dlm waktu yg singkat dibandingkan hirens.
stelah terdetect jgn lupa check disk sprti cara diatas.

Di komputer kami yg nampak Local Disk(C),,dan DVD-RAM Drive(D)....??

Sebelumnya yg nampak sistem C,,,,D,E di pc saya...
Cara supaya ada D,E gmana..??

gan, kalo dari kompi saya cuma tunggal ada partisi e, jadi saya sekarang mw mengubahnya menjadi C. tolong bantuannya gan.karena waktu saya coba langkah diatas, partisinya g mw diganti karena primary.

sob q punya masalah cara mengembalikan file kesemula g mana ya....?
contoh: buka gta yx muncul winamp
cara mengembalikannya g mana ya..??

jk drive d, e, f, dst partisi rusak memang g' keliatan gan..., makanya sy mt agan cek melalui DISKMGMT.MSC jk ada volume harddisk yg belum dinamai lakukan format (tapi semua file yg ada d situ akan hilang).

atau sebelumnya agan bs coba begini dl....
misalnya kapasitas hardisk agan 500gb, coba cek volume drive c: lalu sesuaikan jauh g' selisihnya. jk g' tlalu jauh brarti drive sebelumnya sdh menyatu d drive c, silahkan d shrink (dibagi lagi) tp jk jauh mmg drivenya partisinya rusak atau bisa juga tersebunyi, dikhawatirkan valuenya sudah pernah diubah, coba cek disini
http://theareman.blogspot.com/2010/09/cara-menyembunyikan-drive.html



coba booting dl melalui windows xp mini (window eksternal) lalu ubah drive E menjadi C dg cara :
- melalui run ketik DISKMGMT.MSC lalu enter
- klik kanan drive e, pilih Change Drive Letter and Paths
- Pilih Change, silahkan ubah ke drive C.

coba dl ya gan... jk msh belum terselesaikan nanti kita bahas lagi.

scan dl kompinya dg antivirus gan...., spertinya systemnya crash akibat virus.
stelah steril, lakukan maintenance. bisa menggunakan glary utilities, tune-up, atau yg lainnya.

kalasu saya gini gan. Klw saya instal win xp di my computer drive D jadi sitem dan drive C jadi data. Trus klw instal win 7 saya cek di disk management yg jd system drive D. Padahal tempat instal aplikasi nya di drive C di may computer. Cara ganti system ke drive C lgi gmna gan?

Gan, kalo pake Norton PartitionMagic Pro Server 8.05 bsa gak ?

Oia gan, ane pake Norton PartitionMagic Pro Server 8.05, tapi ketika di langkah ke 4 gk ada pilihan "Change Drive Letter" gan.

gimana nih ??

mohon pencerahan

misi gan,mw nax klo data D kita berubah menjadi data CD/DVD.. gmn cara balikin spreti smula ? soalx data D sy sdh berunah mnjadi data CD/DVD jadi otomatis data d dalam gk bisa d buka tp klo tp partisi data D msh terbaca di disk management

klo mau yg lbh lengkap lagi utk backup, repair dan maintenance gunakan aja CD BOOT HIREN'S disitu juga ad windows xp mini lbh mudah kita melihat hardisk krn loading windows'y dr CD bukan dari harddisk.dan msh byk fitur lain dalam CD BOOT HIREN'S yg sangat bayak gunanya.

Gan aku punya masalah dengan installan win 7, pas aku nginstall win 7 kok partisi d ku hilang ya terus pas coba mau nginstal partisi dnya ada itu kenapa gan?.

gan mau nanya kalo partisi C nya keubah namanya itu gimana yaa gan ?
pas di restart baru mau masuk icon windows dia ngefreeze bntr baru restart lagi dan seterusnya seperti itu .

mohon pencerahannya gan

Terimah kasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat.

Punya saya data di C sama D tertukar kak, gimana cara ngembaliin nya ??

Pake disk management bs buat balik lagi drive nya.. barusan saya ngalami hal diatas dan terbukti manjur..

Tolong upload norton ny gan... Udah googling kesana kemari ga bisa di download.. Ada yg bisa tp setelah mau buka norton malah error 117 gan.. Tolong solusi ny ulyani13@yahoo.com